Pembelajaran Inovatif dapat diartikan sebagai pembelajaran yang dirancang guru, yang sifatnya baru, tidak seperti biasanya dilakukan, dan bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan sendiri dalam rangka proses perubahan perilaku kearah yang lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa.
Secara garis besar , pembelajaran inovatif dapat digambarkan sebagai berikut :
- Siswa terlibat dalam kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat
- Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar supaya pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa
- Guru menerapkan cara mengajar yang kooperatif dan interaktif
- Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, mengungkapkan gagasannya , dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan belajar dan sekolahnya.
Ciri-ciri Pembelajaran Inovatif :
- Memiliki prosedur yang sistematis
- Hasil belajar ditetapkan secara khusus, perubahan perilaku positif siswa
- Penetapan lingkungan belajar secara khusus dan kondusif
- Interaksi dengan lingkungan , yang dapat mendorong siswa aktif , reaktif, dan partisipatif terhadap apa yang terjadi dalam lingkungannya.
Keunggulan pembelajaran inovatif :
- Melatih siswa untuk berpikir dan bertindak kreatif
- Melatih siswa memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis
- Merangsang perkembangan kemajuan berpikir siswa untuk menyelesaiakan masalah yang dihadapi dengan tepat
Contoh pembelajaran inovatif materi Lapisan Bumi IPA SMP kelas 7 dan latihan soal :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar